Bengkulu (Antara) - Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menghadirkan pakar geofisika yang akan memberikan penjelasan kepada warga tentang fenomena gerhana matahari total (GMT) saat pengamatan bersama di Benteng Marlborough, Kota Bengkulu.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu, Rusdi Bakar mengatakan keterangan dari pakar geofisika dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofika (BMKG) Bengkulu itu akan memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang gerhana matahari total.

"Kami bekerjasama dengan BMKG Bengkulu untuk mengamati gerhana matahari total dari Benteng Marlborough dan mereka akan memberikan penjelasan kepada masyarakat," kata Rusdi di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan pengamatan GMT di Kota Bengkulu akan dipusatkan di halaman dalam Benteng Marlborough.

Pengamatan GMT dari benteng bersejarah peninggalan kolonial Inggris yang berada di tepi pantai itu akan dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah.

Pihak BMKG kata dia akan menyediakan teropong yang biasa digunakan untuk mengamati hilal.

"Kami juga menyediakan kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari sehingga masyarakat bisa menyaksikan fenomena alam ini dengan nyaman," katanya.

Pengamatan GMT di Benteng Marlborough akan diawali dengan sholat gerhana berjamaah pada pukul 05.30 WIB. Berdasarkan prakiraan BMKG, gerhana matahari di wilayah Bengkulu akan dimulai pukul 06.19 WIB.

Sebelumnya, pengurus Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Provinsi Bengkulu, Krishna Gamawan mengatakan pengamatan GMT akan dilakukan di empat objek wisata di Bengkulu.

"Ada beberapa komunitas yang akan melakukan pengamatan bareng di beberapa objek wisata itu, seperti di Danau Dendam Tak Sudah yang dilakukan komunitas fotografi," katanya.

Sedangkan pengamatan gerhana di Pulau Tikus dilakukan salah satu biro perjalanan wisata ke pulau kecil tak berpenghuni itu.

Sementara di Bukit Kaba yang merupakan salah satu gunung aktif di Bengkulu dilakukan oleh komunitas pendaki gunung.

"Kami juga melakukan pengamatan di salah satu atap hotel di pinggir pantai Bengkulu dan menyediakan paket wisata sehari saat GMT," kata Direktur PT Alesha Wisata itu. ***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016