Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan tercapainya cakupan kesehatan semesta atau universal health coverage (UHC) sebesar 100 persen menjadi kado istimewa bagi Bengkulu pada Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
"Di momen bersejarah HUT ke-79 RI, masyarakat Provinsi Bengkulu mendapatkan hadiah istimewa dengan tercapainya 100 persen Universal Health Coverage (UHC)," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Sabtu.
 
Pencapaian itu tentunya menjadi bentuk jaminan seluruh masyarakat Bengkulu mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, mulai dari tingkat puskesmas hingga rumah sakit, baik rumah sakit pemerintah maupun swasta, hanya dengan menunjukkan KTP atau NIK.
 
“Kami mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Bengkulu atas dukungannya sehingga program ini bisa berjalan dengan baik,” kata Rohidin Mersyah.
 
Menindaklanjuti pencapaian UHC 100 persen tersebut,  Rohidin pun menginstruksikan seluruh puskesmas, dokter praktik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, serta rumah sakit pemerintah maupun swasta, untuk tidak ada alasan lagi menolak pelayanan bagi masyarakat Bengkulu.
 
“Program besar ini sepenuhnya didanai melalui APBD Pemprov Bengkulu, untuk memastikan masyarakat Provinsi Bengkulu mendapatkan layanan kesehatan yang memadai,” kata dia lagi.
 
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Mahyuddin menyatakan pencapaian cakupan kesehatan semesta itu menjadi prestasi luar biasa, hal itu juga merupakan hasil dukungan dari seluruh masyarakat Bengkulu.
 
“Dengan tercapainya UHC 100 persen di Provinsi Bengkulu, diharapkan layanan kesehatan di Bumi Rafflesia akan terus meningkat, sejalan dengan harapan masyarakat,” ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024