Mukomuko (Antara) - Bupati Mukomuko Provinsi Bengkulu Choirul Huda membagikan bantuan untuk pengembangan sektor perikanan tangkap kepada 93 kelompok nelayan.

"Kita harus bersyukur karena mendapatkan bantuan ini. Kedepan bantuan serupa akan ditingkatkan lagi," kata Bupati Choirul Huda di Mukomuko, Jumat.

Bantuan yang dibagikan bupati setempat itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan program Pengembangan Usaha Mina Mandiri (PUMM) tahun 2015.

Bantuan dari DAK bidang perikanan tangkap berupa 990 baju pelampung, alat tangkap rawai 70 set, jaring tujuh inchi 360 piece, sebanyak 18 unit mesin tempel 15 PK, dan empat unit mesin tempel 40 PK.

"Bantuan dari DAK ini diserahkan kepada sebanyak 88 kelompok," ujarnya.

Kemudian bantuan dari program PUMM bidang perikanan tangkap berupa mesin tempel 15 PK, alat tangkap berupa jaring dua inchi, lima inchi, dan tujuh inchi, dan cool box.

Bantuan program PUMM ini diserahkan kepada diserahkan kepada lima kelompok usaha bersama (KUB) di daerah itu.

Ia mengakui bantuan itu belum sepenuhnya mencukupi kebutuhan seluruh nelayan di daerah itu namun secara bertahap akan dibeli alat tangkap untuk nelayan di daerah itu.

Selain itu, ia berharap adanya pertemuan rutin dengan perwakilan nelayan setempat untuk mendapatkan masukan terkait kebutuhan nelayan. ***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016