Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu mengatakan kebersihan merupakan salah satu modal penting pengembangan pariwisata.

"Objek wisata yang bersih akan membuat pengunjung nyaman dan kenangan yang baik dan indah terhadap suatu tempat, itu yang akan membuat wisatawan kembali berkunjung," katanya di sela-sela pencanangan Gerakan Nasional Indonesia Bersih di kawasan wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan objek wisata yang memiliki potensi jika dikelola dengan baik termasuk kebersihannya akan berdampak pada pengembangan ekonomi kreatif.

Misalnya, ratusan pedagang kecil di sepanjang kawasan wisata Pantai Panjang, kata dia, akan menerima dampak positif dari tingginya tingkat pengunjung.

"Ada efek ganda, seperti bergairahnya penginapan, hotel atau `homestay` dan pedagang souvenir," katanya.

Menurut dia, selain kebersihan, fasilitas lain yang penting untuk menunjang kawasan wisata yakni fasilitas transportasi, penginapan, hingga masyarakat yang sadar wisata.

Potensi kawasan wisata Pantai Panjang yang tampil semi ekowisata menjadi ciri tersendiri, katanya.

"Yang penting kebersihannya tetap terjaga karena tempat ini sangat sejuk, dengan pepohonan cemara laut yang bisa dijadikan tempat berteduh dari terik matahari," katanya lagi.

Pencanangan Gerakan Nasional Indonesia Bersih tersebut dihadiri ribuan warga dan pelajar, lengkap dengan peralatan kebersihan.

Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengharapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu mempromosikan potensi wisata Bengkulu ke dunia internasional.

"Potensi wisata Bengkulu sangat layak bersaing dengan daerah lain, jadi kami harapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lebih mempromosikan wisata Bengkulu," katanya.

Menjaga kawasan wisata tetap bersih dan fasilitas publik lainnya di daerah itu akan ditingkatkan dengan melibatkan sektor swasta. (rni)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012