Bengkulu (Antara) - Dinas Pariwisata Kabupaten Kaur, Bengkulu menetapkan dua objek wisata yakni Pantai Linau dan Pantai Laguna sebagai destinasi wisata unggulan daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kaur, Reflita Dwiana di Kaur, Selasa mengatakan dua objek wisata tersebut masuk dalam tujuh objek wisata bahari unggulan Provinsi Bengkulu yang dipromosikan pemerintah daerah.

"Pantai Linau tidak hanya untuk aktivitas pelabuhan bongkar muat tapi juga menawarkan pesona pasir putih yang memikat," kata Reflita.

Pemerintah pusat kata dia tengah mengembangkan Pelabuhan Linau yang dapat mendukung sektor pariwisata di daerah yang berbatasan dengan Provinsi Lampung itu.

Tidak kalah menarik Pantai Laguna dengan butiran karang halus di pesisirnya dan hamparan laut biru.

"Pantai Laguna selalu dipenuhi wisatawan saat akhir pekan dan hari libur keagamaan. Termasuk wisatawan dari Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan," ucapnya.

Reflita mengatakan pihaknya tengah menyusun Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) untuk menentukan skala prioritas pengembangan pariwisata daerah itu.

Termasuk perencanaan pembangunan sejumlah infrastruktur pendukung seperti akses jalan menuju objek wisata dan fasilitas lain seperti pembangunan gazebo untuk para pengunjung.

Wisata alam di pesisir Pantai Barat Sumatera kata Reflita menjadi andalan Kaur untuk menarik wisatwan selain kegiatan alam bebas lain seperti air terjun dan ekowisata untuk melihat kekayaan flora Rafflesia di hutan Kaur.

Kabupaten Kaur berada di ujung selatan Provinsi Bengkulu yang dapat ditempuh selama lima jam menggunakan kendaraan roda empat dari Kota Bengkulu. Jalur darat merupakan satu-satunya akses menuju daerah yang dimekarkan dari Kabupaten Bengkulu Selatan itu pada 2003.***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016