Rejanglebong (Antara) - Tim Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dijadwalkan mementaskan kesenian daerah di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu pada 23 Mei 2016.

"Pementasan itu akan dipusatkan di Desa Taktoi, Kecamatan Padang Ulak Tanding. Desa Taktoi dipilih karena warga mereka berasal dari Kulon Progo yang tempat tinggalnya saat itu dijadikan Waduk Sermo," kata Kabid Nilai Budaya, Sastra dan Seni Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, Yudono Hindri Atmoko usai bertemu dengan Wakil Bupati Rejanglebong, Iqbal Bastari di Kantor Pemkab Rejanglebong, Rabu.

Pementasan kesenian daerah itu kata dia, akan dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo serta ketua DPRD Kulon Progo, serta kepala daerah setempat yang akan mengawali kerja sama Kabupaten Kulon Progo dengan Rejanglebong dalam berbagai bidang.

Kesenian khas daerah Kulon Progo yang akan ditampilkan ialah kesenian angguk putri yang sudah menjadi kesenian nasional dan dipatenkan. Selanjutnya kesenian kuda kepang modern yang dinamakan jaran progresif (japrog).

Dengan penampilan kesenian khas daerah Kulon Progo di Rejanglebong, kata dia, diharapkan kebudayaan daerah asli Kulonprogo dapat lestari terutama bagi kalangan masyarakat Desa Taktoi.

Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di Bali, Banten, Kalimantan Timur dan di Taman Mini Indonesia Indah.

Sementara itu Wakil Bupati Rejanglebong Iqbal Bastari mengatakan, pihaknya menyambut baik upaya kerjasama yang akan dilakukan Pemkab Kulon Progo, karena selain positif nantinya juga akan menjalin kerjasama dibidang lainnya.

"Kita sangat merespons upaya Pemkab Kulon Progo yang akan menampilkan pentas kesenian daerah di Rejanglebong. Nantinya Rejanglebong juga akan menampilkan kesenian daerah, khususnya dalam penyambutan rombongan pejabat dari Pemkab Kulon Progo," ujarnya.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016