Pemerintah Provinsi Bengkulu menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) sebagai salah satu upaya mendongkrak produksi pertanian daerah.
 
"Penyaluran alat ini adalah salah satu upaya kami untuk mendukung peningkatan hasil pertanian dan mengurangi beban biaya produksi petani," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Minggu.
 
Distribusi alsintan, menurut dia, bentuk nyata komitmen pemerintah dalam memajukan pertanian di Bengkulu. Pemerintah Provinsi Bengkulu kali ini menyalurkan bantuan untuk petani di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah.
 
"Alsintan ini diharapkan mampu mempercepat proses panen dan menekan biaya produksi bagi para petani," kata dia lagi.
 
Pemprov Bengkulu mendistribusikan 46 alsintan untuk petani dj Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah. Bantuan berupa traktor tangan, mesin pompa air, mesin penyemprot elektrik, dan mesin rumput.
 
Selain alsintan, Pemprov Bengkulu juga memberikan bantuan 32 lembar terpal. Gubernur Rohidin juga berpesan perihal pentingnya pemeliharaan alat yang diberikan agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan memberikan manfaat yang maksimal bagi para petani.
 
"Semoga alat-alat ini bisa dipelihara dengan baik, sehingga awet dan bermanfaat bagi kelompok tani yang menerimanya," ucapnya.
 
Ketua Kelompok Tani Kota Bengkulu Herman Agustin menyampaikan mesin pertanian yang diterima sangat diperlukan para petani.

"Kami sangat bersyukur mendapatkan bantuan mesin panen ini. Alat ini akan sangat membantu mempercepat pekerjaan dan menghemat biaya serta tenaga," ujar Herman.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024