Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia bertekad untuk meningkatkan daya saing pada putaran ke-16 MotoGP di Sirkuit Motegi, Jepang, akhir pekan ini.

“Kami akan bekerja keras untuk meningkatkan daya saing kami di tahap awal balapan, yang merupakan titik di mana kami sedikit kesulitan pada minggu lalu. Saya siap dan bersemangat untuk kembali ke trek,” kata Bagnaia, dikutip dari keterangan resmi Ducati, Kamis.

Adapun sang juara dunia dua kali itu tertinggal 21 poin dari pemuncak klasemen sementara musim ini, yakni Jorge Martin (Prima Pramac Racing). Peningkatan daya saing yang disoroti Bagnaia akan menjadi upaya untuk memperkecil selisih poin klasemen kejuaraan dunia.

“Jepang adalah salah satu tujuan favorit saya, jadi saya sangat senang bisa balapan di sini akhir pekan ini,” kata pembalap yang akrab disapa Pecco itu.

“Dibandingkan dengan Indonesia, cuaca dan kondisi lintasan akan sangat berbeda, dan ada juga kemungkinan hujan, jadi penting untuk bersiap menghadapi situasi apa pun,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, rekan satu timnya, Enea Bastianini, yang saat ini berada di posisi ketiga dalam klasemen, bertujuan untuk bangkit kembali di Jepang setelah kecelakaan minggu lalu menghancurkan harapannya untuk mengamankan podium di Mandalika.

Pembalap asal Italia, yang belum pernah balapan di Jepang sejak 2022, akan bersemangat untuk menjadi salah satu pesaing utama akhir pekan ini.

“Sudah dua tahun sejak terakhir kali saya balapan di Jepang, tetapi saya selalu menyukai lintasan Motegi, dan akhir-akhir ini, kami melaju kencang di hampir setiap sirkuit,” kata Bastianini.

“Kesenjangan dalam kejuaraan semakin besar, tetapi secara matematis masih mungkin. Penting untuk tetap fokus dalam balapan terakhir ini, memberikan yang terbaik, dan selalu berusaha keras,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, MotoGP Jepang akan dimulai pada Jumat (4/10) dengan sesi latihan pada pukul 08.45 WIB dan 13.00 WIB.

Pada Sabtu (5/10), sesi latihan bebas kedua dimulai pada pukul 08.10 WIB, diikuti dengan sesi kualifikasi pada pukul 08.50 WIB, dan Sprint pada pukul 13.00 WIB.

Balapan utama sendiri digelar pada Minggu (6/10) pada pukul 12.00 WIB.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024