Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu pada tahun 2025 melanjutkan program bantuan seragam sekolah gratis untuk siswa taman kanak-kanak hingga sekolah menengah pertama (SMP) di daerah ini.
 
"Program ini tetap berlanjut pada 2025, bahkan jumlah seragamnya lebih banyak dibandingkan sebelumnya," kata Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Ramon Hoski saat dihubungi dari Mukomuko, Rabu.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko selama tiga tahun berturut-turut sejak 2022 hingga 2024, melaksanakan program bantuan seragam sekolah gratis untuk siswa sekolah tingkat taman kanak-kanak hingga SMP.
 
Program bantuan seragam sekolah gratis untuk pelajar mulai dari tingkat TK, SD, dan SMP ini merupakan tindak lanjut dari visi dan misi bupati dan wakil bupati setempat.
 
Pada tahun 2022, sebanyak 5.870 siswa yang menerima seragam sekolah gratis, tahun 2023 sebanyak 6.093 siswa, dan tahun 2024, sebanyak 8.130 orang.
 
Ramon mengatakan tahun 2025, pemerintah daerah menambah jumlah seragam sekolah gratis untuk siswa mulai dari tingkat taman kanak-kanak, SD, dan SMP di daerah ini.
 
"Tahun 2025, ada penambahan jumlah seragam sekolah, selain seragam merah putih dan baju olahraga, juga seragam pramuka, karena sangat dibutuhkan," ujarnya.
 
Ia mengatakan pemerintah menambah seragam pramuka, karena sangat dibutuhkan oleh siswa SD dan SMP. Sedangkan siswa TK atau PAUD, selain menerima baju olahraga, juga seragam sekolah.
 
Terkait dengan anggaran yang dibutuhkan untuk pengadaan seragam sekolah itu, katanya, instansi belum bisa memastikan angkanya, kemungkinan anggarannya lebih besar dibandingkan dengan 2024.
 
Sementara itu, tahun 2024 penerima seragam sekolah gratis ini lebih banyak, karena selain SD dan SMP swasta di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mukomuko, sekolah di bawah naungan Kementerian Agama, yakni tingkat MI dan MTs juga mendapatkannya.
 
"Sebanyak 689 siswa MI dan 1.219 siswa MTs yang menerima seragam sekolah gratis dari pemerintah daerah," kata Ramon.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024