Bengkulu (Antara) - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu daerah pemilihan Seluma Jonaidi SP , menyarankan Pemerintah Kabupaten Seluma segera membangun jalan lintas menuju Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan, guna memacu perekonomian daerah.

"Jalur itu jarak tempuhnya hanya 30 kilometer, tetapi sangat vital untuk percepatan pertumbuhan ekonomi Seluma," kata dia di Bengkulu, Senin.

Menurut Jonaidi, jika jalur lintas tersebut dapat segera direalisasikan, maka seluruh kebutuhan kabupaten terluar Provinsi Sumatera Selatan yang berbatasan dengan Seluma itu akan dipasok dari daerah Bengkulu.

Tidak hanya itu, masyarakat Kabupaten Empat Lawang dan kabupaten sekitar akan memilih penerbangan Bandara Fatmawati Bengkulu untuk bepergian ke luar provinsi.

Hal itu dikarenakan, jika jalur akses tersebut dibangun maka jarak tempuh ke Bengkulu hanya sekitar dua jam saja, sementara apabila ke Palembang membutuhkan waktu tujuh sampai delapan jam perjalanan darat.

"Seluma akan menjadi daerah perlintasan, dengan sendirinya perekonomian dan pelaku ekonomi akan banyak berinvestasi," ucapnya.

Namun kondisi jalur di Seluma itu sampai sekarang masih belum layak untuk dilewati, kondisi jalan berupa berbatuan terjal sehingga membutuhkan waktu tempuh selama enam sampai tujuh jam apabila menempuh jalan yang hanya 30 kilometer tersebut.

"Dan jalur itu hanya bisa ditempuh dengan mobil khusus seperti mobil yang digunakan untuk daerah pertambangan," ujarnya.

Menurutnya, pembangunan jalur lintas Kabupaten Seluma ke Kabupaten Empat Lawang, kata dia merupakan stimulan terbaik untuk meningkatkan perekonomian daerah. ***1***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016