Setelah rangkaian drama pada Grand Prix Australia, para pembalap MotoGP akan melanjutkan kompetisi pada putaran ke-18, yakni Grand Prix Thailand di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, akhir pekan ini.

Ini kelima kalinya Grand Prix digelar di Negeri Gajah Putih sejak edisi perdana pada 2018. Pada edisi pertama MotoGP Thailand, Marc Marquez keluar sebagai juara.

Thailand sendiri adalah satu dari delapan negara di Asia yang menjadi tuan rumah MotoGP selain Indonesia, Turki, Jepang, Malaysia, China, Qatar, dan India.

Trek di Buriram ini juga sudah 12 kali menggelar rangkaian balap grand prix untuk kelas balap motor premier.

Sirkuit Internasional Chang

Panjang lintasan: 4,55 km
Jarak balapan: 26 putaran atau 118,4 km
Pemenang MotoGP Thailand 2023: Jorge Martin (Prima Pramac Racing)
Pole position 2023: Jorge Martin (Prima Pramac, 1'29,287)

Pembalap tersukses di sirkuit ini adalah Marc Marquez yang mengoleksi 2 kali kemenangan MotoGP, disusul oleh Martin dan Miguel Oliveira yang masing-masing menang satu kali.

Kemudian, ada Francesco Bagnaia dan Luca Marini yang masing-masing memiliki satu kali dalam  kelas Moto2. Pembalap lainnya di grid musim ini yang pernah menang di Buriram adalah Fabio Di Giannantonio dengan satu kemenangan pada kelas Moto3.

Balapan mendatang pada MotoGP Thailand bisa menjadi penentu juara dunia musim ini, baik untuk kategori pembalap maupun konstruktor.

Tim pabrikan Ducati Lenovo berpeluang mengunci gelar juara tim keempat mereka di MotoGP musim ini dengan keunggulan 160 poin atas tim satelitnya, Prima Pramac Racing.

Martin juga memiliki kesempatan mengklaim gelar juara untuk kategori pembalap independen MotoGP jika meninggalkan GP Thailand dengan keunggulan lebih dari 74 poin atas rival terdekatnya, Marc Marquez (Gresini Racing).

Prima Pramac Racing juga bisa memastikan gelar untuk tim independen untuk tahun 2024 jika meninggalkan GP Thailand dengan keunggulan lebih dari 132 poin.

GP Thailand hari pertama dimulai dengan sesi latihan bebas (FP) 1 dan latihan pada Jumat (25/10) pukul 10.45 WIB dan 15.00 WIB.

Pada Sabtu (26/10) akan bergulir sesi FP2 pada pukul 10.10 WIB, lalu kualifikasi pada pukul 10.50 WIB, diikuti dengan Sprint pada pukul 15.00 WIB.

Sementara, balapan utama GP Thailand digelar pada Minggu pada pukul 15.00 WIB.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024