Bengkulu (Antara) - Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti mengatakan upaya Pemerintah Kabupaten Kaur membangunan sektor pendidikan dapat menjadi contoh bagi pemerintah daerah kabupaten lainnya di wilayah Provinsi Bengkulu.

"Pembangunan pendidikan di Kabupaten Kaur sangat positif dan bisa ditularkan ke daerah lainnya," kata Gubernur di Bengkulu, usai melantik pasangan kepala daerah bupati dan wakil bupati Kabupaten Kaur, di Bengkulu, Sabtu.

Gubernur Bengkulu melantik pasangan pemenang pemilihan kepala daerah di Kabupaten Kaur, Gusril Fauzi dan Yulis Suti Sutri sebagai bupati dan wakil bupati daerah itu untuk masa jabatan 2016-2021.

Saat menyampaian sambutannya usai pengambilan sumpah dan pelantikan pasangan kepala daerah itu, Gubernur mengapresiasi kepemimpinan mantan Bupati Kaur, Hermen Malik, terutama dalam pembangunan sektor pendidikan.

"Saya harapkan pembangunan pendidikan yang dilakukan Pak Hermen Malik dapat dilanjutkan karena pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan," kata Gubernur.

Pemerintah Kabupaten Kaur menjadi perintis pembangunan sekolah negeri berasrama yang disediakan gratis bagi pelajar. Sebagian besar anggaran pembangunan anggaran itu diperoleh dari pemerintah pusat dan biaya operasional dari APBD setempat sebesar Rp2 miliar per tahun.

Para siswa yang belajar di sekolah berasrama tersebut merupakan anak-anak yang terancam putus sekolah karena tinggal di dalam dan pingggir kawasan hutan yang jauh dari akses pendidikan.

Sementara Bupati Kaur yang baru saja dilantik, Gusril Fauzi mengatakan siap melanjutkan program pembangunan pendidikan di daerahnya sebagai salah satu investasi sumber daya manusia.

"Kami siap melanjutkan pembangunan pendidikan yang sudah dirintis kepala daerah sebelumnya dan kita tinggal melanjutkan sembari terus berinovasi," katanya.

Gusril Fauzi dan Yulis Suti Sutri merupakan pasangan kepala daerah terpilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Bengkulu pada Desember 2015.

Sebelumnya, pada Februari 2016 Gubernur Ridwan telah melantik tujuh pasangan kepala daerah kabupaten yakni Bengkulu Utara, Mukomuko, Kepahiang, Lebong, Rejanglebong, Seluma dan Bengkulu Selatan.

Kabupaten Kaur merupakan wilayah paling Selatan Provinsi Bengkulu yang berbatasan dengan Provinsi Lampung, berjarak 220 kilometer dari Kota Bengkulu.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016