Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membagikan disinfektan gratis untuk mengantisipasi berbagai penyakit unggas pada musim pancaroba atau pergantian dari musim hujan ke kemarau di daerah itu.

"Disinfektan kami bagikan untuk menanggulangi wabah atau penyakit di kandang unggas. Disinfektan ini diserahkan kepada desa-desa," kata Kabid Perikanan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Jumadi di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan selanjutnya pihak desa yang membagikan disinfektan kepada warga masyarakatnya yang beternak unggas.

Ia menyebutkan sebanyak 300 hingga 400 liter disinfektan yang ada di bidang peternakan setempat yang diserahkan secara gratis kepada 148 desa di daerah itu.

"Mulai dari kini kita sebarkan ke desa. Setiap desa menerima tiga-empat liter disinfektan," ujarnya.

Ia mengungkapkan, bahwa sekarang ini Kabupaten Mukomuko sedang memasuki musim Pancaroba, yakni pergantian musim dari panas ke hujan.

Menurutnya, pada saat pergantian musim sekarang ini, berbagai jenis unggas seperti ayam kampung, buras, dan potong termasuk itik sangat rentan terserang penyakit.

"Biasanya kalau satu unggas saja terserang penyakit misalnya penyakit tetelo bisa menular ke unggas lain dan akibatnya semua ayam bisa mati mendadak," ujarnya lagi.

Oleh karena itu, ia menyarankan, warga setempat agar menyemprotkan kandang ayam menggunakan disinfektan. Untuk membunuh sumber penyakit unggas.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016