Rejanglebong (Antara) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, pada tahun ini akan melakukan peningkatan kualitas sekolah di daerah itu guna memenuhi standar pelayanan minimal (SPM).

Kepala Dinas Pendidikan Rejanglebong Zakaria Effendi, di Rejanglebong, Minggu, mengatakan, program peningkatan kualitas sekolah di 15 kecamatan di Rejanglebong tersebut terutama di tujuh kecamatan di wilayah Lembak, guna mewujudkan program bupati dan wakil bupati setempat menciptakan Kabupaten Rejanglebong sebagai kota pendidikan.

"Untuk mewujudkan visi dan misi Bupati Rejanglebong yaitu menciptakan Kabupaten Rejanglebong sebagai kota pendidikan, maka sasaran yang menjadi skala periotas mewujudkannya ialah meningkatkan kualitas sekolah-sekolah yang ada di 15 kecamatan dalam memenuhi Standar Pelayanan Minimal atau SPM," katanya.

Dari 15 kecamatan di Rejanglebong kata dia, sekolah yang sudah memenuhi SPM umumnya berada di lima kecamatan dalam wilayah perkotaan saja, dengan jumlah prosentase mencapai 70 persen.

Sedangkan untuk wilayah lainnya terutama di tujuh kecamatan wilayah Lembak yang tersebar di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kota Padang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, Sindang Dataran, Binduriang dan Sindang Kelingi, jumlah sekolah menyandang SPM masih sedikit.

Untuk mewujudkan program itu tambah dia, anggaran pembangunan yang disusun dalam APBD induk dan APBD P 2016 Rejanglebong kali ini 85 persen diarahkan di tujuh kecamatan wilayah Lembak.

"Pembangunan dibidang pendidikan tahun ini 85 persen dialokasikan ke wilayah Lembak, diharapkan dalam kurun waktu dua atau tiga tahun ke depan seluruh sekolah yang ada di kawasan Lembak sudah memenuhi SPM. Jika semua sekolah sudah memenuhinya, barulah akan dilakukan pemerataan pembangunan," ujarnya.

Adapun kriteria sekolah yang telah memenuhi SPM, terlihat dari beberapa indikator seperti kualitas SDM berupa tenaga pengajar yang cukup dan berkualitas, ketersediaan sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar berupa gedung sekolah yang layak serta fasilitas pendukung lainnya.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016