Bengkulu (Antara) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu menguji kelaikan kendaraan milik perusahaan otobus yang dipergunakan untuk angkutan mudik dan balik Lebaran 2016.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Bengkulu Rusdi Bakar di sela pengujian sejumlah kendaraan milik PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) mengatakan uji kelaikan kendaraan menjadi kegiatan penting untuk meningkatkan keselamatan penumpang arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Kondisi kendaraan dan pengemudi harus dipastikan dalam keadaan baik sehingga arus mudik dan balik Lebaran 2016 berjalan lancar," kata Rusdi.

Ia mengatakan uji kelaikan kendaraan dilakukan oleh tim dari Dishubkominfo Provinsi Bengkulu, sedangkan pemeriksaan kesehatan para pengemudi dilakukan petugas dari Dinas Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bengkulu.

Uji kelaikan kendaraan mulai dari memeriksa kelengkapan surat jalan, pemeriksaan bagian kendaraan mulai dari lampu, kaca spion hingga rem bus harus dipastikan dalam kondisi baik.

Sementara pemeriksaan kesehatan para pengemudi dilakukan dengan memeriksa tekanan darah, hingga pemeriksaan urine untuk memastikan para pengemudi tidak mengonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang.

"Seluruh pengemudi angkutan Lebaran akan dites untuk memastikan mereka bebas dari narkoba sebab keselamatan penumpang menjadi yang utama," kata Direktur Ditlantas Polda Bengkulu Kombes Pol Bakharuddin.

Sebelum menggelar tes urine, Bakharuddin memberikan wejangan tentang keselamatan berkendara kepada para pengemudi bus jurusan antarkota antarprovinsi (AKAP) tersebut.

Direktur Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (SAN), Kurnia Lesandri Adnan mengatakan seluruh bus yang dioperasikan saat arus mudik dan balik Lebaran 2016 sudah melalui pemeriksaan tim mekanik.

"Ada 49 bus yang dioperasikan untuk lima tujuan di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Seluruhnya sudah melalui pemeriksaan tim mekanik dan kondisinya baik," kata dia.

Setiap bus kata Kurnia dilengkapi dua pengemudi dan dua orang kernet yang membawa penumpang dengan tujuan Bengkulu-Padang, Bengkulu-Pekanbaru, Bengkulu-Jakarta, Bengkulu-Bandung dan Bengkulu-Solo.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016