Mukomuko (Antara) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Choirul Huda mengizinkan warganya menyelenggarakan berbagai acara hiburan rakyat untuk mengisi libur lebaran tahun ini di lokasi objek wisata di daerah itu.

"Warga boleh menyelenggarakan hiburan tetapi kalau bisa tidak diselenggarakan pada hari ke tiga Lebaran," kata Choirul Huda, di Mukomuko, Selasa.

Setiap libur Lebaran, warga setempat rutin menyelenggarakan hiburan musik organ tunggal dan mendatangkan artis lokal dan ibukota di lokasi objek wisata pantai dan danau di daerah itu.

Bupati berharap, kalau bisa hiburan rakyat itu tidak diselenggarakan pada hari ke tiga Lebaran. Sebaiknya acara hari pertama hingga ke tiga Lebaran silaturahim dengan keluarga dan tetangga.

"Setelah itu warga boleh menyelenggarakan hiburan rakyat," ujarnya.

Karena, katanya, pada hari ke tiga Lebaran itu masih ada pengendara sepeda motor dan mobil dari Kota Bengkulu ke Provinsi Sumatera Barat maupun sebaliknya yang mudik Lebaran.

Ia mengatakan, semua ini untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas akibat kendaraan yang parkir di lokasi objek wisata yang berada di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah itu.

"Hiburan itu penting karena melalui hiburan tersebut dapat mempromosikan objek wisata di daerah ini," ujarnya.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016