Bengkulu (Antara) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Bengkulu menurunkan tarif angkutan pelayaran dari Kota Bengkulu menuju Pulau Enggano yang dilayani kapal feri Pulo Tello.

Tarif untuk penumpang dan kendaraan pribadi rata-rata turun dua persen sebagai dampak dari penurunan harga bahan bakar minyak beberapa waktu lalu, kata General Manager PT ASDP Bengkulu Masagus Hamdani di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan tarif penumpang yang sebelumnya Rp59 ribu per orang untuk kelas ekonomi turun menjadi Rp52 ribu per orang. Sedangkan tarif kelas VIP tidak mengalami perubahan atau tetap pada harga Rp100 ribu per orang.

Sementara tarif untuk kendaraan roda dua juga turun dari Rp113 ribu per unit menjadi Rp110 ribu per unit.

Tarif baru ini sudah berlaku sejak sebulan terakhir untuk mendukung mobilisasi masyarakat di pulau terluar itu, kata dia.

Masagus menambahkan selain menurunkan tarif, pihaknya juga menambah trip pelayaran Bengkulu-Pulau Enggano dari 172 trip pada 2015 menjadi sebanyak 198 trip pada 2016.

Dengan penambahan trip tersebut, rata-rata jadwal pelayaran dari Kota Bengkulu menuju Pulau Enggano mencapai dua hingga tiga kali per minggu.

Sampai saat ini kata dia, pelayaran kapal feri sudah mencapai 78 trip dengan rata-rata 18 trip per bulan.

Kapal feri Pulo Tello menjadi transportasi andalan bagi masyarakat di Pulau Enggano untuk mengangkut penumpang dan hasil bumi.

Hasil bumi yang dibawa dari pulau tersebut ke Kota Bengkulu antara lain pisang kepok, melinjo dan ikan asin.

Namun, pelayaran ke pulau terluar yang dihuni lebih dari 2.800 jiwa penduduk itu masih bergantung dengan kondisi cuaca di perairan Samudera Hindia.

"Pelayaran bisa batal kalau cuaca tidak memungkinkan dan biasanya kami menginformasikan kepada masyarakat melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika," kata dia.

Selain dilayani ASDP, pelayaran ke Pulau Enggano juga dilayani kapal perintis yang dioperasikan PT Pelni dengan jadwal sekali berlayar dalam 10 hari.

Pulau Enggano yang berada di tengah Samudera Hindia merupakan pulau terluar berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu. Pelayaran kapal feri menuju pulau tersebut membutuhkan waktu tempuh antara 10 hingga 12 jam.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016