Bengkulu, 22/7 (Antarabengkulu.com) - Sekuntum bunga Rafflesia Arnoldii yang mekar di pinggirian hutan di Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, sejak Senin (18/7) memikat warga yang kebetulan melintas di dekatnya.

Bunga Rafflesia itu hanya berada 10 meter dari jalan Curup-Kepahiang sehingga warga bebas menikmatinya.

Bunga langka yang mekar sejak Senin (18/7) itu dijaga sejumlah warga agar tidak ada tangan-tangan usil yang mengganggunya.

Beberapa waktu sebelumnya seorang jurnalis asal Austria sempat meliput keberadaan bunga raksasa tersebut yang diameternya mencapai 50 cm.

Beberapa warga yang melintas secara tidak sengaja tertarik ingin menyaksikan bunga itu secara langsung karena puspa tersebut hanya mekar dalam satu minggu saja, dan kemudian mati layu.

Setiap hari rata-rata ada sekitar 30 orang yang melihat secara langsung bunga tersebut, dan mengabadikannya dengan cara swafoto menggunakan kamera telepon genggam.

"Saya sudah gak penasaran lagi dengan bunga Rafflesia," kata Erni, warga Bengkulu yang sengaja datang ingin melihat bunga langka tersebut.

Dia menyarankan agar pemerintah setempat membuat paket-paket wisata bekerja sama dengan komunitas pecinta puspa langka yang ada di Bengkulu sehingga pengunjung bisa lebih banyak lagi. "Ini sangat menarik dan langka. Sayang kalau dilewatkan begitu saja," ujarnya. (rm)

Pewarta:

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016