Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menetapkan Desa Ranahkarya, Kecamatan Lubuk Pinang, sebagai wakil daerah itu mengikuti lomba desa tingkat provinsi.

"Desa Ranahkarya pemenang lomba desa tingkat kabupaten. Selanjutnya desa ini mewakili Mukomuko mengikuti lomba desa tingkat provinsi," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Badi Uzaman di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, penetapan desa terbaik satu tingkat kabupaten itu merupakan hasil keputusan tim gabungan yang terdiri dari kepolisian resor setempat, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Ia menjelaskan, tim menetapkan Ranah Karya sebagai desa terbaik satu tingkat kabupaten tersebut berdasarkan penilaian dari aspek administrasi dan kebersihan di desa tersebut.

Menurut dia, selisih nilai salah satunya aspek kebersihan dengan beberapa desa lainnya di daerah itu tidak banyak, tetapi kebersihan di desa itu lebih terarah.

Selain itu, katanya, program PKK yang dilaksanakan oleh penggurus PKK di desa itu berjalan dengan baik dan terarah. Termasuk dari kepedulian desa ikut membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Banyak penilaian lain seperti di bidang pendidikan dan kesehatan masyarakatnya," ujarnya.

Ia mengatakan, selanjutnya desa tersebut yang akan mewakili Mukomuko mengikuti lomba desa tingkat provinsi.

Pemerintah setempat telah menugaskan beberapa instansi terkait yang masuk sebagai tim seleksi lomba desa mendampingi dan memberikan pembinaan kepada desa tersebut.

"Pekan depan tim lomba desa tingkat provinsi akan turun ke desa tersebut guna menilai layak atau tidak desa itu mewakili Bengkulu mengikuti lomba desa tingkat nasional," ujarnya lagi.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016