Rejanglebong (Antara) - Kalangan petani dari 15 kecamatan di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, dalam waktu dekat akan menerima bantuan 45 unit traktor tangan.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Rejanglebong, Akhmad Rivai usai menghadiri rapat pembahasan lima Raperda di DPRD Rejanglebong, Rabu bantuan traktor tangan yang akan dibagikan itu berasal dari Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.

"Bantuan traktor ini sebanyak 45 unit dengan rincian dari Kementan sebanyak 35 unit dan 10 unit dari Distan Provinsi Bengkulu," katanya.

Pembagian alat mesin pertanian (Alsintan) tersebut kata dia, rencananya dalam waktu dekat dan akan diserahkan secara simbolis oleh bupati kepada 45 kelompok tani dari 15 kecamatan penerima.

Untuk memastikan bantuan traktor tangan ini sampai kepada kelompok tani yang tepat pihaknya saat ini melakukan survei calon penerima bantuan dan calon lokasi (CPCL) dari 15 kecamatan sesuai dengan usulan masing-masing kelompok yang diterima Distan Rejanglebong.

"Sikap kehati-hatian dalam pembagian traktor ini sebagai langkah mengantisipasi adanya bantuan yang tidak tepat sasaran, sesuai peruntukan dan kebutuhan lokasinya sehingga tidak akan ada kasus kelompok penerima bantuan yang tidak memiliki lahan pertanian atau kelompok tani fiktif," ujarnya.

Sementara itu Kabid Pengelolaan Lahan Air dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Rejanglebong, Selamet Riadi, menambahkan rencana pembagian bantuan traktor tangan itu saat ini masih dalam penelitian kelompok calon penerima bantuan.

Bantuan yang diberikan ini nantinya akan diawasi oleh petugas Dinas Pertanian Rejanglebong dan juga oleh petugas TNI Kodim 0409 Rejanglebong yang menjadi mitra dalam program swasembada pangan nasional 2017, seperti yang dilakukan dalam penyaluran 28 unit traktor tangan pada 2015.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016