Rejanglebong (Antara) - Bupati Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, Ahmad Hijazi mengimbau 180 jamaah calon haji (JCH) asal daerah itu agar menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji.

"Saya imbau agar jamaah calon haji Rejanglebong dapat menjaga kesehatan dan beristirahat yang cukup sehingga bisa menjalankan semua rukun haji dan menjadi haji yang mabrur dan mabrurah," kata Bupati Ahmad Hijazi sesaat sebelum melepas keberangkatan 180 JCH daerah itu menuju asrama haji Bengkulu, bertempat di Masjid Agung Baitul Makmur Rejanglebong, Jumat sore.

Selain itu JCH Rejanglebong yang masih muda dan kondisi fisiknya kuat agar dapat membantu JCH yang sudah lanjut usia, karena dari pengamatannya sebagian besar jamaah sudah berusia 60 tahun keatas.

"JCH Rejanglebong ini juga saya minta agar dapat menjaga tata krama dan budaya Indonesia, karena hal-hal ini akan menjadi penilaian sebagai jamaah terbaik di dunia," ujarnya.

Sementara itu kepala Kementerian Agama (Kemenag) Rejanglebong M Ch Naseh saat memberikan sambutan sebelum pelepasan JCH mengatakan, rombongan JCH asal daerah itu yang akan berangkat haji sebanyak 180 orang, jumlah ini berkurang empat orang dari kuota yang diterima sebanyak 184 orang.

"Berkurang empat orang, dua orang karena meninggal dunia dan dua orang lainnya pindah atau migrasi ke Kota Bengkulu sehingga jumlah JCH asal Rejanglebong yang berangkat tahun ini sebanyak 180 orang," katanya.

Dari 180 JCH yang berangkat ini tambah dia, tercatat berasal dari 11 kecamatan di Rejanglebong. Sedangkan empat kecamatan lainnya di wilayah itu tidak memiliki JCH yakni Kecamatan Sindang Beliti Ilir, Kota Padang, Sindang Dataran dan Kecamatan Bermani Ulu.

Sedangkan untuk asal JCH kecamatan terbanyak dari Kecamatan Curup Tengah dengan jumlah mencapai 60 orang, dan yang paling sedikit yakni hanya satu orang berasal dari Kecamatan Sindang Beliti Ulu dan Kecamatan Kota Padang.

Sementara itu rombongan JCH Rejanglebong itu tergabung dalam Kloter empat yang berasal dari Rejanglebong, Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Selatan. Rombongan ini setelah diberangkatkan dari daerah itu menuju asrama haji di embarkasi sementara di Bengkulu, dan keesokan harinya akan diberangkatkan ke embarkasi induk di Padang, Sumatera Barat, dan langsung menuju Madinah.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016