Rejanglebong (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menargetkan tiga dari 21 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di daerah itu dapat terakreditasi.

"Mudah-mudahan ketiga Puskesmas ini sudah terakreditasi sebelum tutup tahun 2016, syukur-syukur bisa lebih dari tiga Puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Rejanglebong Asli Samin di Rejanglebong, Senin.

Ketiga Puskesmas yang diusulkan untuk terakreditasi tersebut adalah Puskesmas Curup, Puskesmas Prumnas di Kecamatan Curup Tengah, dan Puskesmas Watas Marga, Kecamatan Curup Selatan.

Ketiga Puskesmas ini dinilai layak karena posisinya cukup strategis dan jumlah warga yang berobat cukup banyak. Selain itu, ketiga Puskemas ini juga sudah memiliki sarana dan prasarana yang memenuhi standar untuk mendapat akreditasi.

Selama ini kendala untuk mendapatkan akreditasi terhadap 21 Puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di Rejanglebong adalah manajemen dan administrasi di tingkat Puskesmas yang belum baik, serta minimnya pendampingan dari tim akreditasi yang ada di Dinkes Rejanglebong.

"Ke depannya kami akan intensifkan lagi pendampingan oleh tim akreditasi sehingga tidak mengalami masalah lagi," ujarnya.

Langkah pendampingan oleh petugas Dinkes Rejanglebong dilakukan dengan cara mendatangi langsung masing-masing Puskesmas yang menjadi target.

Sebanyak enam orang dari tim akreditasi Dinkes diperkirakan cukup untuk mendampingi ketiga Puskesmas yang diusulkan untuk mendapatkan akreditasi dari Kemenkes tersebut. ***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016