Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu menyatakan akan mempermudah pengurusan seluruh perizinan yang diperlukan oleh PT Semen Padang dalam membangun pabrik pengepakan di Bengkulu.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Bengkulu, Selasa, mengatakan walaupun memberikan kemudahan, tentunya perizinan tersebut harus memenuhi aturan dan proses yang berlaku.

"Kalau bisa dua hari mengapa harus satu minggu, dan kami akan berikan pelayanan secara paripurna," kata dia.

Kemudahan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Bengkulu, kata dia, mengingat keseriusan PT Semen Padang menanamkan investasi dalam skala yang cukup besar untuk kota itu.

"Kita lihat bahkan direktur utama yang langsung datang ke sini untuk menandatangani MoU atau kerja sama pembangunan pabrik pengepakan," kata dia lagi.

PT Semen Padang menginvestasikan dana sebesar Rp75 miliar untuk membangun pabrik pengepakan yang nantinya mampu memenuhi 300 ribu ton kebutuhan semen di Bengkulu per tahun.

"Dengan beroperasinya industri ini, artinya membuka kesempatan kerja bagi masyarakat," kata wali kota.

Selain itu, industri tersebut juga akan menggerakkan roda perekonomian lainnya, seperti perhotelan, transportasi, dan kuliner.

"Kami berharap ini benar-benar direalisasikan dalam waktu dekat sehingga segera beroperasi, dan saya meminta kebutuhan pembangunan pabrik itu diserap dari usaha masyarakat di Bengkulu, bukan didatangkan dari daerah lain," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Semen Padang Benny Wendry mengatakan pembangunan pabrik yang berlokasi di Pelabuhan Pulau Baai Kota Bengkulu itu rencananya mulai dikerjakan pada November 2016.

"Estimasi kami, 14 bulan sudah rampung dan langsung beroperasi, kami upayakan tidak sampai 14 bulan infrastruktur pabriknya sudah selesai," ujarnya.

Pabrik pengepakan di Bengkulu itu akan beroperasi memenuhi 300 ribu ton kebutuhan semen per tahun, bahkan diharapkan serapan Semen Padang baik dari perusahaan, pemerintah daerah, maupun masyarakat menjadi meningkat karena beroperasinya pabrik tersebut.

"Kalau melebihi target kami, maka PT Semen Padang akan membangun pabrik baru lagi di Bengkulu, yakni pabrik penggilingan bahan semen," kata Benny. ***3*** 

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016