Bengkulu (Antara) - Karateka Bengkulu Hestri Kurniasih yang turun pada Kumite perorangan kelas -50 putri menyumbangkan medali perunggu untuk kontingen provinsi ini pada Pekan Olahraga Nasional XIX di Bandung, Jawa Barat.

"Medali kedua Bengkulu disumbangkan dari cabang karate atas nama karateka putri Hestri Kurniasih," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bengkulu, Yuan Degama saat duhubungi dari Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan karate termasuk salah satu cabang olahraga andalan Bengkulu untuk mengumpulkan medali PON Jawa Barat.

Sebelumnya, atlet binaraga atas nama I Ketut Gede Arnawa menyumbangkan medali perak yang merupakan medali pertama bagi kontingen Bumi Rafflesia.

Dengan raihan medali perunggu dari cabang karate, saat ini kontingen PON Bengkulu baru mengumpulkan dua keping medali.

"Pada daftar perolehan sementara saat Bengkulu baru mendapat satu medali, kita berada di posisi 26. Dengan penambahan satu perunggu belum ada perubahan terbaru," kata Yuan.

Menurut Yuan, para atlet Bengkulu masih berjuang untuk meraih target memperbaiki peringkat PON.

Pengurus KONI Bengkulu menargetkan posisi ke-20 pada PON Bandung untuk memperbaiki peringkat di PON Riau pada 2012, karena Provinsi Bengkulu berada pada peringkat ke-33 dalam raihan medali.

Untuk memperbaiki peringkat tersebut, KONI Provinsi Bengkulu mengunggulkan tujuh cabang olahraga untuk mendulang medali.

Tujuh cabang tersebut yakni binaraga, angkat besi, gulat, wushu, sepatu roda, biliar dan anggar. Sebanyak 61 orang atlet dan pelatih memperkuat kontingen Bengkulu mengikuti 17 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Sementara berdasarkan daftar perolehan medali sementara hingga Selasa (20/9) pukul 07.00 WIB, kontingen Jawa Barat masih memimpin dengan mengumpulkan total 158 medali, disusul DKI Jakarta mengumpulkan total 117 medali.

Posisi ketiga ditempati kontingen Jawa Timur yang mengumpulkan total 104 medali. Sedangkan kontingen Bengkulu dalam daftar perolehan sementara tersebut dengan satu medali perak berada pada posisi ke-26.

***4***



(T.H019/B/B015/B015) 20-09-2016 18:59:44

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016