Bengkulu (Antara) - Pertumbuhan sektor bisnis di Kabupaten Seluma selama satu dekade terakhir, menjadi salah salah satu yang terbaik di Provinsi Bengkulu.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu, Aden Gultom di Bengkulu, Rabu, mengatakan pertumbuhan bisnis yakni sektor usaha nonpertanian di kabupaten itu, tumbuh 58 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan angka yang sama pada 10 tahun yang lalu.

"Sebagai daerah pemekaran, ini menunjukkan daerah itu berkembang positif. Kita data, banyak bisnis seperti perdagangan, kuliner, dan sektor jasa yang berkembang," kata dia.

Sementara, pertumbuhan tertinggi ditunjukkan Kabupaten Mukomuko yang tumbuh 75 persen dibandingkan dengan data yang dicatat pada 2006 lalu, selanjutnya Kabupaten Kepahiang berada di peringkat kedua yang tumbuh 62 persen.

"Seluma menempati urutan ke tiga jika dibandingkan dengan 10 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu," kata dia lagi.

Untuk memacu pertumbuhan bisnis yang lebih tinggi, Pemerintah Seluma disarankan agar mulai memetakan perusahaan usaha menengah besar (UMB), memberikan pelayanan cepat lewat perizinan dan memberikan kepastian hukum, sehingga investor tertarik untuk berinvestasi di daerah itu.

"Bagi usaha mikro kecil dan menengah butuh kemudahan dan stimulus dalam bentuk permodalan, ini akan memberikan semangat terhadap usaha kecil untuk bertahan dan tumbuh lebih besar," katanya.

Pemerintah juga disarankan membuka peluang pemasaran yang lebih baik terhadap UMKM, baik pemasaran lokal maupun untuk daerah lain, bahkan juga pasar internasional. ***3***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016