Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan setempat menyelesaikan pembangunan 10 jalan usaha tani di daerah itu.

"Sudah serah terima pertama atau PHO proyek pembangunan jalan tersebut," kata Kabid Pertanian Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Hari Mastaman di Mukomuko, Rabu.

Ia berharap setelah ini sebanyak 10 jalan tersebut dapat dimanfaatkan oleh petani untuk membawa hasil pertaniannya keluar daerah itu.

Ia menerangkan pembangunan jalan usaha pertanian tanaman padi ini bertujuan untuk mempermudah petani dalam mengeluarkan hasil panen padi dari sawahnya.

Selain itu, katanya, dapat memperkecil biaya yang dikeluarkan oleh petani setempat untuk menyewa mobil membawa padi dan jagung keluar dari lahan pertaniannya.

Ia mengatakan 10 jalan tersebut dibangun dalam kawasan irigasi teknis di daerah itu, yakni Kecamatan Selagan Raya, Kecamatan Lubuk Pinang, Desa Lubuk Sanai, dan Kecamatan Air Manjuto.

Ia menyebutkan, pembangunan JUT ini bersumber dari dana alokasi umum (DAU) 2016, dengan total anggaran pembangunan satu jalan sebesar Rp150 juta.

Ia mengatakan pembangunan jalan ini dikerjakan oleh pihak ketiga atau perusahaan pengadaan barang dan jasa pemerintah dengan sistem penunjukan langsung.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016