Rejanglebong (Antara) - Petani di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) sebanyak 26 unit yang dibeli dari dana aspirasi DPR RI asal wilayah itu.

Kasubag Humas Pemkab Rejanglebong, Kusri Irianto di Rejanglebong, Senin, menjelaskan, bantuan alsintan ini rencananya diserahkan secara simbolis oleh anggota DPR RI asal Provinsi Bengkulu, Susi Marleni Bachsin, Selasa (18/10).

"Alsintan ini akan diserahkan secara simbolis oleh ibu Susi Marleni Bachsin bertempat di Danau Mas Harun Bastari, Selasa besok," katanya.

Adapun unit alsintan yang dibeli menggunakan dana aspirasi anggota DPR RI asal pemilihan Provinsi Bengkulu tersebut, kata dia, terdiri dari sembilan unit mesin untuk menanam padi atau rice transplater. Kemudian 15 unit traktor tangan atau hand traktor dan dua unit traktor mini.

Bantuan alsintan itu akan diberikan kepada sejumlah kelompok tani yang tersebar dalam beberapa kecamatan di Rejanglebong. Bantuan ini dimaksudkan guna mendukung program swasembada pangan nasional.

Selain itu bantuan ini juga memudahkan masyarakat dalam mengelola lahan pertanian maupun proses bercocok tanam dengan memanfaatkan teknologi pertanian modern.

Sementara itu usai penyerahan 26 alsintan ini, kata Kusri Irianto, akan dilanjutkan pencanangan gerakan aksi sapta pesona dan gerakan pembersihan di destinasi wisata Danau Mas Harun Bastari yang rencananya akan melibatkan 300 orang dari berbagai dinas/instansi, TNI/Polri, kalangan pelajar serta pencinta lingkungan. ***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016