Rejang Lebong (Antara) - Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Iqbal Bastari meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat untuk memberikan akses kepada wartawan dalam menjalankan tugasnya.

"Saya minta para kepala SKPD di Kabupaten Rejang Lebong agar dapat memberikan akses kepada wartawan untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan di masing-masing SKPD, karena informasi ini merupakan bahan untuk pemberitaan wartawan," kata Iqbal Bastari di Rejang Lebong, Minggu.

Informasi yang ada di masing-masing SKPD di daerah tersebut kata dia, merupakan hak semua orang untuk mengetahuinya, sehingga tidak dibenarkan para kepala SKPD atau dinas menutup-nutupi kegiatan pembangunan yang dilaksanakan, karena pengawasan penggunaan anggaran pemerintah menjadi tanggungjawab semua pihak.

Pentingnya kemudahan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh wartawan dalam menjalankan tugasnya di daerah itu tambah dia, selain untuk keterbukaan informasi juga membantu kegiatan sosialisasi program pembangunan daerah.

"Jika ada yang salah diberitakan oleh wartawan itu kami anggap wajar sebagai bahan koreksi dan untuk perbaikan. Kalau untuk mendapatkan informasi ini dipersulit nantinya akan menjadi kontra sehingga jadi bahan pemberitaan wartawan," ujarnya.

Untuk itu kalangan wartawan yang bertugas di Rejang Lebong jika mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi pembangunan di wilayah itu oleh SKPD tertentu agar melaporkan kepada dirinya, sehingga kepala dinas/instansi itu akan mendapatkan peringatan.

Pentingnya menjalin hubungan yang harmonis dengan kalangan wartawan ini kata dia, selain menjadi mitra dalam mengkampanyekan kegiatan pembangunan juga menjadi sosial kontrol berbagai program yang digulirkan pemerintah.

Sementara itu Ketua PWI Rejang Lebong periode 2016-2019 yang baru terpilih, Hasan Basri memberikan apresiasi atas dukungan kinerja wartawan di daerah itu dalam menjalankan tugasnya.

"Ini hal yang positif karena Pemkab Rejang Lebong sedang mencanangkan pembentukan Kabupaten Rejang Lebong sebagai kota pendidikan, kota relijius dan kota wisata. Untuk menyukseskan ini mereka membutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk wartawan dalam menyosialisasikannya," kata Hasan Basri. ***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016