Rejang Lebong (Antara) - Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Ahmad Hijazi, meminta pengurus Palang Merah Indonesia daerah itu untuk memperbanyak relawan hingga ke tingkat desa/kelurahan.

"Kabupaten Rejang Lebong ini merupakan daerah rawan bencana alam, untuk itu saya harap pengurus PMI Rejang Lebong dapat memperbanyak relawan. Hal ini penting, jika di tingkatan desa terjadi bencana mereka segera dapat melakukan pertolongan," kata Bupati Ahmad Hijazi dalam acara pelantikan pengurus PMI Rejang Lebong, bertempat di ruang Pola Pemkab Rejang Lebong, Senin.

Penambahan jumlah relawan PMI di daerah itu, kata dia, sangat penting karena 156 desa/kelurahan yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong sebagian besar masuk dalam zona rawan bencana alam terutama tanah longsor, gunung meletus dan gempa bumi, sehingga memerlukan penyebaran relawan di setiap desa/kelurahan.

Penambahan relawan PMI ini setidaknya di setiap desa/kelurahan sebanyak 10 orang atau untuk se-kabupaten mencapai 1.560 orang.

Keberadaan para relawan ini selain disiapkan untuk memberikan pertolongan saat terjadi bencana juga menjadi penyumbang darah atau pendonor tetap PMI.

Para relawan yang direkrut di tingkat desa ini harus diberi perlengkapan dan kemampuan dalam menangani bencana, sehingga dalam melaksanakan tugasnya bisa berjalan dengan mudah serta mudah dikenali oleh masyarakat.

Sementara itu, Ketua PMI Rejang Lebong yang baru dilantik Hendra Wahyudiansyah mengatakan, untuk mendukung program PMI di daerah itu mereka sangat membutuhkan sarana dan prasana, terutama peralatan transfusi darah.

Sedangkan Wakil Ketua PMI Provinsi Bengkulu Asnawi A Lamat mengaku optimistis kepengurusan PMI Rejang Lebong saat ini bisa meningkatkan pembinaan dan pengembangan organisasi sehingga bisa menjalankan berbagai misi kemanusiaan dalam penanganan bencana alam.

"Dengan pengurus yang masih muda-muda seperti ini, saya yakin PMI di Rejang Lebong ini akan semakin maju dan lebih bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu kami juga meminta pengurus bisa menjalin koordinasi dengan pengurus lainnya sehingga bisa menjalankan semua tugas yang diberikan kepada PMI Rejang Lebong," ujarnya. ***4***



(T.KR-NMD/B/R026/R026) 24-10-2016 21:33:54

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016