Rejang Lebong (Antara) - PT Pertamina di Bengkulu, Jumat, menggelar operasi pasar elpiji ukuran 3 kg dalam dua wilayah di Kabupaten Rejang Lebong.

Operasi pasar untuk membantu kalangan masyarakat daerah itu yang kesulitan mendapatkan gas ukuran 3 kg, dilakukan oleh dua agen elpiji yakni PT Putri Cempaka Lestari yang dilaksanakan di halaman GOR Curup di Jalan Merdeka Kota.

Sedangkan untuk lokasi kedua digelar di Jalan Baru, Kecamatan Curup Kota oleh agen PT Karjan Jaya. Dalam operasi pasar tersebut disiapkan 1.120 tabung gas atau masing-masing agen menjual 560 tabung elpiji.

Manager PT Putri Cempaka Lestari, Nowan Kurniadi, usai menggelar operasi pasar mengatakan, kegiatan itu merupakan instruksi langsung dari PT Pertamina Bengkulu, dengan harga jual gas ini dipatok sesuai dengan HET setempat yakni Rp16.100 per tabung, dan hanya diperkenankan membeli satu tabung perorangnya.

"Operasi pasar gas epiji ini berdasarkan instruksi dari PT Pertamina Bengkulu, sedangkan untuk pelaksanaannya bekerjasama dengan Disperindagkop dan UKM Kabupaten Rejang Lebong," katanya pula.

Adanya kelangkaan gas ukuran 3 kg yang dirasakan masyarakat daerah itu, kata dia pula, bukan karena adanya pengurangan pasokan. Saat ini pasokan untuk Rejang Lebong setiap harinya masih sama yaitu 2.240 tabung.

Adanya kelangkaan gas ukuran 3 kg ini, ujar dia, bukan karena adanya rencana pengalihan penggunaan gas ukuran 3 kg menjadi gas ukuran 5,5 kg. Kelangkaan gas ini akibat adanya penambahan jumlah pengguna gas elpiji ukuran 3 kg, saat ini banyak pengguna gas ukuran 3 kg ini adalah mereka yang tidak layak menggunakannya.

Plt Kepala Disprindagkop dan UKM Bustami didampingi Kasi Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian, Nahwan, menyatakan operasi pasar itu akan dilaksanakan oleh kedua agen ini dengan hari yang berbeda, dimana operasi pasar oleh PT Karjan Jaya ini juga akan dilaksanakan Senin (7/11) nanti.

Pasokan elpiji daerah ini setiap bulan, kata Bustami, sebanyak 142.600 tabung, dengan rincian PT Putri Cempaka Lestari 81.000 tabung dan PT Karjan Jaya sebanyak 61.600 tabung.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016