Bengkulu (Antarabengkulu.com) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu bersama Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi bengkulu menggelar upacara dan tabur bunga di laut untuk memperingati hari pahlawan, Kamis (10/11/2016). Upacara digelar di geladak buritan Kapal TNI Angkatan Laut (KAL) Ratu Samban.

     Prosesi tabur bunga di laut dilakukan sebagai bentuk penghargaan Lanal Bengkulu terhadap jasa para pahlawan yang sangat berjasa bagi Indonesia. "Makna tabur bunga di laut merupakan penghargaan prajurit AL untuk perjuangan para pahlawan, karena bukan hanya di darat, perjuangan pahlawan yang berjuang di laut juga harus dimaknai dan harus diperingati," kata inspektur upacara, Fajar Rusdianto.

     Upacara ini berlangsung di alur Pelabuhan Pulau Baai kota Bengkulu, dipimpin oleh Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Fajar Rusdianto. Sementara yang bentindak sebagai Komandan Upacara adalah Lettu Laut (KH) Raden Muhammad Faizal. Upacara ini dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Provinsi Bengkulu Edison Simbolon, Perwakilan Korem 041/Gamas Letkol Debok, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Provinsi Muslih, Perwakilan Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Pengadilan Tinggi Agama, Rektor UNIB dan Tagana Provinsi Bengkulu. 

     Upacara yang bertemakan "Satukan Langkah Untuk Negeri" ini berlangsung khitmat, seluruh peserta upacara melakukan hening cipta selama 60 detik. Selesainya upacara dilanjutnkan dengan dibuangnya pekarangan bunga yang bertuliskan Hari Pahlawan Nasional di perairan Pulau Baai oleh Inspektur upacara, dilanjutkan lagi dengan tabur bunga bersama seluruh peserta upacara.

     Fajar Rusdianto juga berharap peringatan hari pahlawan ini menjadi inspirasi bagi generasi penerus bangsa. "Generasi penerus bangsa haruslah terus memantapkan semangat jiwa kepahlawanan, yang mana mereka memiliki medan perjuangan yang berbeda dengan medan perjuangan pendahulu, dan tentu saja harus mencontoh nilai-nilai semangat juang dari pahlawan. Kita juga harus mengisi pembangunan dan berkarya untuk negara sehingga berdampak positif bagi kemajuan provinsi Bengkulu," tutup Fajar.

Pewarta: Nanda Dwi Kurnia

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016