Bengkulu (Antara) - Pameran ayam burgo, ayam hias hasil persilangan ayam hutan dan ayam kampung, akan memeriahkan "Bengkulu Expo 2016" yang digelar dalam rangka ulang tahun Provinsi Bengkulu ke-48 pada 17-21 November 2016.

"Ayam burgo ini persilangan dari ayam hutan dan ayam kampung merah betina sehingga menghasilkan ayam hias yang cantik," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, Majestika di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan, pameran yang pertama kali dilakukan tersebut untuk memperkenalkan ayam burgo ke masyarakat luas.

Kegiatan tersebut juga sebagai sebagai apresiasi terhadap pembudidaya ayam burgo untuk memperkenalkan komoditas mereka.

"Pecinta ayam burgo ini memiliki komunitas yang menjadi wadah mereka untuk bertukar informasi tentang pembudidayaan ayam burgo," kata.

Selain di Kota Bengkulu, para pecinta ayam burgo menyebar ke sejumlah daerah antara lain Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Kepahiang, Bengkulu Selatan dan Bengkulu Tengah.

Ayam burgo memiliki keunikan tampilan bulu yang indah dan memiliki suara kokok yang merdu.

Pecinta ayam burgo, Sarimuda mengatakan, kesempatan bagi pembudidaya memamerkan ayam hias mereka akan menjadi daya tarik dalam "Bengkulu Expo 2016".

"Ini pameran pertama dan kami yakin akan menarik perhatian pengunjung, karena ayam burgo ini unik dan cantik," ujarnya.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut dapat memperkenalkan ayam asli Bengkulu dan memberikan semangat bagi pecinta ayam burgo.

Para pecinta ayam burgo juga siap menyukseskan kontes ayam burgo untuk mendukung tahun kunjungan wisata pada 2020 atau "Visit Bengkulu 2020". ***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016