Bengkulu, (antarabengkuu.com) - Pulau tikus merupakan salah sau destinasi wisata bahari yang terletak di sebelah barat Kota Bengkulu dengan luas sekitar dua hektare yang didominasi oleh terumbu karang.

Walaupun pulau ini kecil, tapi di sini para pengunjung dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti bermain pasir di tepian pantai dan juga berenang. Ombak yang terdapat di sekitar Pulau Tikus ini tergolong cukup aman karena sebagian tempat di pulau ini merupakan ceruk yang dikelilingi karang sehingga ombak tidak terlalu tinggi. 

Bagi anda yang hobi snorkeling, terdapat beberapa titik yang dapat dinikamati pemandangan bawah laut seperti ikan dan juga terumbu karang. Jika sedang beruntung, pengunjung dapat menikmati fenomena penyu yang sedang bertelur. Pulau Tikus merupakan salah satu lokasi yang dijadikan sebagai tempat bertelur penyu sisik dan penyu hijau. Namun pengunjung dilarang menganggu penyu yang sedang bertelur dan juga merusak ataupun mencuri telurnya.

Deva, penyedia jasa wisata ke Pulau Tikus, baru-baru ini, mengatakan setiap pengunjung yang hendak ke Pulau Tikus melalui jasa perjalanan miliknya mendapatkan asuransi keselamatan yang bekerjasama dengan PT Jasa Raharja. "Cuma kita yang menyediakan asuransi untuk setiap pengunjung di tempat lain belum ada, asuransi keselamatan sangat penting karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi selama kita di laut", katanya.

Untuk biaya ke pulau tikus terdapat tiga paket. Paket yang pertama Rp170.000 per orang, paket kedua Rp.200.000 per orang dan paket ketiga Rp.250.000 per orang. Hal yang membedakan ketiganya hanyalah pada makan. Pada paket pertama tidak disediakannya makan siang, paket kedua disediakan makan siang dan paket ketiga yang disediakan makan siang dan BBQ.

Deva mengatakan fasilitas yang didapat selama berwisata ke Pulau Tikus antara lain asuransi, pelampung, toilet, pemandu, perlengkapan snorkeling, foto dalam air, dokumentasi, minum dan makanan.

Armada yanmg digunakan untuk menuju Pulau Tikus adalah speedboat dengan muatan 40 orang sekali angkut dalam waktu tempuh ke lokasi hanya 30 menit. Kegiatan ke Pulau ikus dimulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Dalam satu speed boat dapat menampung penumpang sebanyak 40 orang untuk sekali bawa, tapi jika pengunjung dibawah 10 orang nantinya akan digabungkan dengan kapal lain atau jika ingin sewa dengan biaya Rp.1.500.000 di bawah 10 orang pengunjung.

Jika terjadi cuaca buruk ketika keberangkatan wisata pulau tikus tiga putra mengganti dengan hari lain setelah diperkirakan cuaca aman untuk melakukan perjalan. Wisata pulau tikus 3 putra terletak di jalan pariwisata, Kelurahan Sumur meleleh, Kecematan Teluk Segara, Kota Bengkulu. *

Pewarta: Dewi Lucky

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016