Bengkulu (Antara) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengimbau warga di daerah itu untuk mewaspadai potensi hujan lebat hingga sepekan ke depan yang dapat menimbulkan bencana banjir dan longsor.

"Rilis peringatan dini potensi cuaca terutama curah hujan tinggi hingga sepekan ke depan untuk mengingatkan warga agar waspada banjir dan longsor," kata Kepala Seksi Data dan Informasi, BMKG Bengkulu, Sudiyanto di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan seluruh wilayah Bengkulu berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hujan dengan intensitas lebat tersebut akan mengguyur wilayah Kota Bengkulu, Argamakmur, Mukomuko, Karang Tinggi, Tubei, Curup, Kepahiang, Manna, Tais dan Bintuhan.

Di wilayah tertentu tambah dia, terutama Kabupaten Seluma yang beberapa hari terakhir mengalami banjir di beberapa titik, perlu mewaspadai potensi hujan tinggi tersebut.

Tidak hanya wilayah Bengkulu, BMKG juga mencatat beberapa daerah yang mengalami banjir akibat curah hujan tinggi seperti Bandung dan Aceh, tanah longsor di Garut, serta angin kencang di Kalimantan Selatan.

Dalam beberapa hari ke depan suplai uap air sebagai pendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera dan Jawa relatif tinggi.

Dengan kondisi tersebut, diprakirakan potensi hujan masih terus meningkat dalam seminggu ke depan khususnya di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara. ***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016