Rejang Lebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, berminat mengembangkan wisata alam di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) di wilayah itu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rejang Lebong, Zulkarnain, di Rejang Lebong, Senin, potensi yang tersimpan di dalam kawasan TNKS di wilayah Rejang Lebong tersebut ialah wisata alam di Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu.

"Potensi wisata ini berada di wilayah Desa Babakan Baru yang terdapat Air Terjun Batu Betiang yang masuk zona pemanfaatan terbatas TNKS, nantinya kita berencana untuk bekerjasama dengan pihak TNKS agar objek wisata alam ini bisa dikelola sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Rejang Lebong," katanya.

Potensi wisata alam ini kata dia, selain masih didukung suasana alam yang masih asri juga udara yang sejuk, di mana objek wisata Air Terjun Batu Betiang ini merupakan salah satu kekayaan alam yang berada di kawasan TNKS.

Rencana kerjasama pengelolaan objek wisata alam ini tambah dia, berupa kerjasama dalam pengembangannya. Pemkab Rejang Lebong nantinya akan membantu upaya pengawasan kawasan TNKS yang kerap diganggu oleh perambah hutan melalui pengembangan wisata alam tersebut.

"Mungkin dengan kerjasama pengelolaan objek wisata Air Terjun Batu Betiang sebagai salah satu destinasi wisata baru di Rejang Lebong, setidaknya Pemkab Rejang Lebong bisa membantu pengawasannya dengan memberikan informasi ke TNKS kalau ada aktifitas perambahan di wilayah itu," ujarnya.

Upaya kerjasama yang akan dilaksanakan Pemkab Rejang Lebong dengan Balai Besar TNKS itu tambah dia, sebagai upaya menyukseskan program pembentukan Rejang Lebong sebagai kota wisata, kota pendidikan dan kota relejius.

Sebelumnya pihak TNKS wilayah III Bengkulu-Sumsel seksi Rejang Lebong menyatakan, di kawasan TNKS wilayah itu selain berisikan aneka flora dan fauna dilindungi juga sejumlah objek wisata alam yang belum terjamah salah satunya ialah Air Terjun Batu Betiang yang diyakini sudah ada sejak ratusan tahun silam.

Objek wisata Air Terjun Batu Betiang ini menjadi sorotan banyak pihaknya lantaran memiliki dinding batu bersusun berbentuk balok seolah ditata dengan rapinya. Namun kondisi objek wisata alam ini terancam seiring maraknya aktifitas perambahan kawasan TNKS. ***1***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016