Bengkulu (Antara) - Ribuan umat Islam di Bengkulu menyelipkan doa untuk etnis Rohingya di Myanmar, saat menggelar doa dan dzikir bersama di Masjid Baitul Izzah, Kota Bengkulu.

"Doa dan dzikir bersama hari ini juga untuk mendoakan saudara-saudara Muslim di Rohingya dan umat Muslim lainnya yang sedang dalam konflik," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Bustasar usai mengikuti Doa Bersama 2 Desember di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan solidaritas sesama umat Muslim ditunjukkan ribuan umat yang memadati Masjid Baitul Izzah yang berada di depan Kantor Gubernur Bengkulu.

Doa dan dzikir bersama itu dihadiri Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti dan Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan.

"Banyak ulama kita yang berkumpul di sini, memberikan tausiah yang menyejukkan rohani dan memberikan kedamaian bagi kita semua, dan kita membuktikan Islam itu damai," tuturnya.

Seorang peserta doa bersama, Sumardi mengatakan aksi super damai yang diikuti ribuan jemaah itu juga menunjukkan solidaritas untuk Muslim Rohingya.

"Saya berdoa agar pertikaian di Rohingya segera berakhir dan mereka bisa hidup damai dan tenteram," ujarnya.

Doa dan Dzikir Bersama 2 Desember 2016 yang digelar Forum Umat Islam Bersatu Bengkulu, dipusatkan di Masjid Baitul Izzah.

Diawali dengan dzikir bersama, dilanjutkan dengan tausiah dari ulama, dan Shalat Jumat.

Doa bersama ini diikuti ribuan umat dari elemen masyarakat, ormas Islam, MUI yang berlangsung aman dan tertib di bawah pengawalan anggota polisi.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016