Bogor (Antara) - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-1 atas tamunya Vietnam, pada pertandingan semifinal pertama kejuaraan sepak bola antarbangsa Asia Tenggara Piala AFF yang dimainkan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu malam.

Pada pertandingan  yang disaksikan oleh Presiden Joko Widodo ini, kedua tim menyempatkan diri untuk mengheningkan cipta untuk tragedi kecelakaan pesawat yang ditumpangi pemain klub Brazil Chapesoense, sebelum sepak mula dilakukan.

Vietnam berusaha menekan sejak awal pertandingan, namun justru Indonesia yang mampu membuka keunggulan pada menit keempat. Tendangan sudut yang dilepaskan Rizky Pora sukses disambut tandukan Hansamu Yama.

Vietnam menyamakan kedudukan sepuluh menit kemudian. Pelanggaran yang dilakukan Benny Wahyudi terhadap Le Hong Vinh di kotak terlarang, membuat mereka dihadiahi penalti. Nguyen Van Quet mampu melakukan tugasnya sebagai eksekutor dengan sempurna.

Rizky Pora tampil agresif di sisi kanan Indonesia. Beberapa kali pergerakannya mampu menjadi awal dari terciptanya peluang di depan gawang Vietnam. Namun sampai babak pertama usai, skor tetap imbang 1-1.

Saat babak kedua berlangsung lima menit, Indonesia kembali unggul. Hadangan yang dilakukan Que Ngoc Hai terhadap Stefano Lilipaly di kotak terlarang, membuat wasit menunjuk titik putih. Boas Salossa sukses menjadi eksekutor penalti, meski arah tendangannya dapat terbaca kiper Tran Nguyen Manh.

Beberapa kali gawang Indonesia yang dikawal Kurnia Meiga mendapat ancaman, seperti pada menitk-71 saat Abduh Lestaluhu kehilangan bola, namun sepakan Nguyen Van Quyet tidak terarah akurat ke gawang. Menjelang akhir pertandingan Dinh Thanh Huong melepaskan tandukan keras ke arah gawang, namun Kurnia Meiga mampu melakukan penyelamatan untuk mencegah gawangnya kembali kemasukan.

Vietnam gagal memanfaatkan tambahan waktu empat menit untuk menyamakan kedudukan. Indonesia pun mengantungi kemenangan 2-1, sebagai bekal untuk menjalani semifinal kedua yang akan berlangsung di Vietnam pada Rabu (7/12).***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016