Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyelesaikan pembangunan sebanyak 161 ruas jalan, jembatan dan drainase selama 2016.

"Sebanyak 171 paket proyek pengadaan barang dan jasa pemerintah berupa pembangunan jalan, jembatan, drainase, sedangkan sebanyak 161 paket telah selesai dikerjakan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mukomuko, Apriansyah di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, masih ada sebanyak 10 paket proyek yang terdiri dari delapan jalan dan dua drainase yang belum selesai dikerjakan sampai sekarang karena terkendala musim hujan sekarang ini.

Namun, kata dia, sebanyak 10 paket proyek yang belum selesai dikerjakan itu hanya satu persen dari total ke seluruh paket proyek pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Sebanyak 10 paket proyek jalan dan drainase itu masih berjalan. Kami berharap kegiatan itu selesai sebelum pertengahan bulan ini," ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah di akhir tahun ini sangat berpengaruh kondisi hujan.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat evaluasi yang bertujuan untuk penyelesaian pekerjaan. Rapat ini juga bertujuan mencari tahu penyebabnya kemudian tindakan yang harus diambil oleh kontrak pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk menyelesaikan pekerjaannya.

"Kami mencari tahu penyebabnya agar dapat diambil langkah-langkah penyelesaian pekerjaan. Dan setiap saat kegiatan itu dikawal," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya melakukan pengawalan supaya tidak terjadi kelalaian yang berasal dari kontraktor dan tEnaga kerja dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Selain itu, dia mengatakan, penambahan tenaga kerja, penumpukan material, kerja siang dan malam, termasuk pengaturan cara kerja yang tepat.

"Dalam situasi musim hujan sekarang ini, kontraktor harus bisa memanfaatkan cuaca bagus. Saat panas mereka bisa memanfaatkan untuk mengejar ketertinggalan pekerjaan," ujarnya. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016