Bengkulu, (Antarabengkulu.com) - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, Kamis (12/1) melaksanakan latihan menembak di Lapangan Tembak Soekarno Lanal Bengkulu yang dipimpin Komandan Lanal Bengkulu Letkol Laut (P) Fajar Rusdianto.
     
     Latihan yang yang diikuti perwira, bintara dan tamtama Lanal itu ditandai penembakan pistol suar ke udara oleh Danlanal. "Tidak ada prajurit yang hebat, yang ada adalah prajurit terlatih," kata Danlanal usai pembukaan. 

     Latihan itu bertujuan untuk geladi tugas tempur (glagaspur) sekaligus melatih, mengasah dan meningkatkan naluri tempur prajurit Lanal Bengkulu.

     Latihan menembak menggunakan jenis senjata laras pendek dan laras panjang. Senjata laras pendek berupa pistol jenis G2, P2  dan Wolter, dengan jarak tembak 25 meter, tiga butir percobaan dan 10 butir penilaian dengan sikap berdiri. 

     Sedangkan senjata laras panjang menggunakan senjata jenis SS1 dengan jarak 100 meter, 3 butir peluru percobaan dan 10 butir penilaian dengan mengambil sikap berdiri, duduk dan tiarap.

     Danlanal tak lupa berpesan kepada seluruh prajurit yang akan melakukan latihan menembak agar melaksanakan latihan dengan baik, serius, menjaga kedisiplinan dalam menembak, mengikuti semua instruksi pelatih dan mengutamakan keamanan personel, sehingga tujuan latihan menembak dapat tercapai dengan baik.

     Kejutan     

     Usai latihan, Danlanal sangat terkejut dan terharu. Di bawah guyuran hujan saat berlari menuju tenda untuk berteduh, tiba-tiba Danlanal Fajar mendapat ucapan selamat diiringi lagu "Selamat Ulang Tahun" dan munculnya kue ulang tahun pernikahan ke-16, serta adanya nasi tumpeng yang dibawa para prajurit Kowal Lanal Bengkulu.

     Dalam suasana keharuan tersebut Danlanal meniup lilin dilanjutkan potong kue yang diserahkan kepada serda Keu Ayik Rizal Pratama prajurit termuda yang melangsungkan pernikanhannya beberapa bulan lalu.

     Danlanal dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih, kepada seluruh prajurit dan PNS yang telah memberikan kejutan. "Saya sangat tidak menyangka, istri juga tidak cerita apa-apa, para perwira juga tidak ada yang cerita," katanya terharu sambil berucap terimakasih atas hal itu.*

Pewarta:

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017