Mukomuko (Antara) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu memprogramkan setiap kecamatan memiliki minimal sebanyak 10 orang personel tim reaksi cepat (TRC) yang bertugas membantu penanggulangan bencana alam di daerah ini.

"Kami berencana saat menggelar pelatihan personel TRC sekalian penambahan jumlahnya dari delapan orang menjadi 10 orang per kecamatan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko (BPBD) Ramdani melalui Kabid Kedaruratan BPBD Mukomuko Erwin, di Mukomuko, Sabtu.

Pemerintah setempat melalui BPBD akan menggelar pelatihan untuk meningkatkan keterampilan personel TRC dalam membantu penanggulangan bencana alam di daerah itu.

Ia mengatakan, rencananya pelatihan diikuti oleh ratusan orang yang sudah lama menjadi personel TRC, ditambah personel baru yang bersedia menjadi anggota TRC.

Instansi itu, katanya, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp120 juta dalam APBD tahun ini untuk menggelar pelatihan guna meningkatkan kemampuan personel TRC itu.

Dia mengatakan, program penambahan jumlah personel TRC itu disertai dengan usulan anggaran untuk honor para personel TRC yang bertugas di 15 kecamatan di daerah itu.

Selama ini, katanya, instansi itu belum menyediakan anggaran untuk membayar honor personel TRC, mengingat personel TRC sama dengan menjadi relawan yang bertugas membantu warga yang terkena bencana alam.

Pihaknya tetap mengusulkan anggaran untuk honor para personel TRC yang lama dan baru, agar mereka bertanggung jawab dalam menjalankan tugas membantu warga yang terkena bencana alam.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017