Mukomuko (Antara) - Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan akan menurunkan sedikitnya 130 personel untuk mengamankan rangkaian perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-14 kabupaten itu.

"Sebanyak 130 personel polisi tersebut akan mengamankan beberapa perayaan di lokasi yang berbeda di daerah ini," kata Kabag Operasi Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Kompol Robin Pardosi, di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, sebanyak ratusan personel polisi tersebut akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengamankan sejumlah kegiatan yang digelar dalam rangka perayaan hari jadi kabupaten tersebut.

Ia mengungkapkan, tidak hanyak sebanyak 130 personel polisi itu yang mendapatkan tugas resmi mengamankan perayaan hari jadi kabupaten itu, masih ada personel polisi lainnya yang tersebar di 15 kecamatan untuk mengamankan perayaan ini.

"Kita lakukan pengamanan secara maksimal agar perayaan hari jadi kabupaten ini dapat berjalan dengan aman dan tertib," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya mengerahkan lebih banyak personel pada saat malam puncak pesta rakyat bersama dengan artis ibukota Jakarta.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko Syafkani sebelumnya mengatakan pemerintah setempat akan menggelar Festival "Kapung Sati Ratau Betuah" ini, yakni pawai berbagai etnis budaya dan pentas etnis di daerah itu.

Kemudian, lanjutnya, perlombaan enggrang, sebuah alat musik tradisional dari daerah itu. Kemudian festival sarapal anam, sebuah pembacaan salawat untuk Nabi Muhammad SAW.

Pada peringatan HUT ke-14 kabupaten itu, ia mengatakan, pemerintah setempat menggelar festival kuda lumping, kebersihan antar SKPD, bhakti sosial, lomba tari kreasi, stand pameran, parade band, festival lagu dangdut, rapat paripurna DPRD, lomba layang-layang, permainan KIM.

Kemudian, upacara bendera hari jadi Kabupaten Mukomuko, syukuran, malam hiburan bersama di lapangan golf, dan lomba burung berkicau.

Ia menyebutkan, Alokasi dana peringatan hari jadi ke-14 kabupaten itu sebesar Rp1,7 miliar.***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017