Mukomuko (Antara) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini menerima sebanyak 37 proposal usulan alat-alat mesin pertanian dari kelompok tani di daerah itu.

"Puluhan proposal itu mengusulkan berbagai jenis alat-alat mesin pertanian seperti pompa air, traktor tangan, mesin penanam, dan pemanen padi," kata Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Ali Mukhibin, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan instansi itu akan memverifikasi sebanyak 37 proposal usulan alsintan dari 37 kelompok tani tersebut.

Pihaknya memverifikasi proposal usulan alsintan tersebut untuk memastikan kelompok tani tersebut terdaftar di instansi itu. Selain itu untuk memastikan apakah kelompok tani sudah atau belum menerima bantuan alsintan.

Karena, katanya, pemerintah setempat tidak mungkin memberikan bantuan yang sama kepada kelompok yang sudah meneria bantuan alsintan dari pemerintah setempat.

Ia mengatakan, kelompok yang sudah pernah mendapatkan bantuan alsintan dari pemerintah setempat pada tahun sebelumnya masih bisa mengajukan proposal usulan alsintan dengan syarat usulannya untuk alat mesin pertanian yang berbeda.

"Yang tidak boleh itu satu kelompok itu berturut-turut menerima alsintan yang sama," ujarnya.

Ia menerangkan, untuk sementara ini tersedia sebanyak 10 unit mesin traktor tangan untuk kelompok tani di daerah itu.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017