Mukomuko (Antara) - Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) untuk lima desa yang kesulitan air bersih di daerah itu.

"Kita usulkan lagi program pamsimas ini ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Kabid Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Mukomuko, Ruri, di Mukomuko, Minggu.

Sebanyak 15 desa di daerah itu pada tahun ini mendapatkan program ini. Belasa desa itu tersebar di tiga kecamatan di daerah itu, yakni Kecamatan Penarik, Kecamatan Air Manjuto dan Teras Terunjam.

Ia mengatakan, instansi itu sudha menerima sebanyak lima proposal usulan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) dari pemerintah desa di daerah itu.

"Sebanyak lima proposal usulan program pamsimas dari pemerintah desa dan masyarakat," kata

Ia mengatakan, selanjutnya lima proposal usulan program pamsimas dari desa itu diteruskan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Karena, menurutnya, kegiatan pamsimas itu merupakan program dari pemerintah pusat untuk desa-desa yang berada di dataran tinggi yang sulit mendapatkan air bersih.

Ia menerangkan, anggaran yang akan diterima oleh setiap desa untuk melaksanakan program pamsimas ini sebesar Rp300 juta. Selanjutnya pemerintah desa yang melaksanakannya secara swakelola.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017