Mukomuko (Antara) - Sebanyak 50 kelompok usaha bersama (Kube) di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu akan mendapatkan bantuan modal usaha dari pemerintah pusat pada 2017 atau bertambah dibandingkan dengan tahun 2016 sebanyak 20 kelompok.

"Sebanyak 50 Kube itu baru terbentuk dan belum pernah menerima bantuan. Puluhan Kube itu dari Kecamatan XIV Koto, Kecamatan Pondok Suguh dan Malin Deman," kata Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Melia Padjriani di Mukomuko, Selasa.

Melia mengatakan sumber pembiayaan untuk modal usaha Kube juga mengalami penambahan dari sebelumnya dari dana dekon yakni kini ada anggaran yang bersumber dari APBN.

Dana untuk modal usaha yang diterima oleh masing-masing Kube tersebut sebesar Rp20 juta, sama dengan modal usaha yang diterima oleh Kube pada tahun sebelumnya.

"Bantuan modal usaha sebesar itu berupa hibah. Penggunaan dana untuk seluruh anggota kelompok tersebut," ujarnya.

Sekitar 70 persen anggota Kube merupakan penerima PKH dan 20 persennya lagi penerima kartu keluarga sejahtera.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, dana bantuan untuk modal usaha yang diterima oleh Kube ini dapat mereka gunakan untuk membuka usaha peternakan sapi, bahkan untuk tanaman pangan. ***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017