Bengkulu (Antara) - Sebanyak 114 orang pejabat eselon II lingkungan pemerintah Provinsi Bengkulu mengikuti proses tahap akhir seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yakni sesi wawancara.

"Sesi wawancara dan pemaparan visi serta misi para calon pejabat ini menjadi tahap akhir dari seluruh rangkaian seleksi," kata Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Provinsi Bengkulu, Hermen Malik di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan, para peserta akan diminta memaparkan visi dan misi, sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Pengujian secara lisan ini, menurut dia, sangat berguna bagi seseorang dalam memimpin.

"Bahasa lisan itu sangat penting dalam memimpin, maka kami akan lihat saat pemaparan," ucap mantan bupati Kaur ini.

Pemaparan dan wawancara lanjut Hermen, dibatasi hanya 15 menit untuk setiap peserta.

Untuk hari pertama ini, lanjutnya, sebanyak 44 orang akan diwawancarai mengenai visi dan misinya, di depan lima orang panitia seleksi.

"Hasil seleksi segera diserahkan ke gubernur dan yang lolos segera diumumkan," katanya.

Hermen menambahkan pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan ASN dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif pada tingkat nasional atau antarkabupaten/kota dalam satu provinsi.

Adapun jabatan pimpinan tinggi pratama yang meliputi direktur, kepala biro, asisten deputi, sekretaris direktorat jenderal, sekretaris inspektorat jenderal, sekretaris kepala badan, kepala pusat, inspektur, kepala balai besar, asisten sekretariat daerah provinsi, sekretaris daerah kabupaten/kota, kepala dinas/kepala badan provinsi, sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan

jabatan lain yang setara. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017