Bengkulu (Antara) - Pemerintah Provinsi Bengkulu mengalokasikan anggaran Rp600 miliar dari APBD 2017 untuk membangun jalan dan jembatan di 10 wilayah kabupaten dan kota.

"Ada peningkatan anggaran pembangunan jalan dan jembatan yang cukup signifikan Rp600 miliar tahun ini, dari biasanya hanya Rp200 miliar per tahun," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bengkulu, Kuntadi di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan anggaran pembangunan jalan dan jembatan tersebut naik tiga kali lipat mengingat hampir 70 persen jalan provinsi dalam kondisi rusak berat.

Diperkirakan sepanjang 263 kilometer jalan provinsi pada 2017 akan mulus dengan skema pembangunan per wilayah atau rute jalan.

"Selama ini kita membangun dua sampai tiga kilometer di tiap jalur, ternyata tidak efektif, akan diubah satu lintasan sampai mulus lalu pindah ke jalur lain," katanya, menerangkan.

Kasubag Perencanaan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu, Saihoni Anwar mengatakan pemerintah provinsi bersama kabupaten dan kota sedang menyusun data dan peta jalan nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

"Perencanaan ini penting untuk sinkronisasi jalan nasional, provinsi dan kabupaten/kota denga kewenangan yang jelas," ucapnya.

Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tahun 2008 kata Saihoni jalan provinsi mencapai 1.562 kilometer, termasuk sepanjang 40 kilometer di Pulau Enggano, pulau terluar Bengkulu.

Ia mengatakan perbaikan jalan provinsi yang melintasi enam desa di Pulau Enggano akan ditingkat menjadi hotmix dengan anggaran Rp42 miliar.

"Seluruh paket peningkatan jalan masih dalam proses lelang, ada 52 paket dan kami perkirakan akhir bulan ini selesai tender jadi Mei mulai jalan," tuturnya.***3***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017