Mukomuko (Antara) - Bandar Udara Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan pembukaan sekolah pilot di daerah itu kepada pemerintah pusat.

"Kami coba usulkan pembukaan sekolah pilot di Mukomuko biar bandara di daerah ini lebih aktif dan ada pendapatan untuk negara," kata Kepala Bandara Kabupaten Mukomuko Irpan di Mukomuko, Jumat.

Ia menilai daerah yang berada sejauh 270 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu dengan fasilitas yang ada di bandara setempat sangat memadai untuk dibuka sekolah pilot.

Apalagi selama ini bandara di daerah itu rutin melayani aktivitas penerbangan pesawat kecil yang digunakan untuk praktik bagi calon pilot.

"Fasilitas yang ada di bandara daerah ini sudah memadai untuk memberikan pelayanan bagi siswa sekolah pilot," ujarnya.

Selanjutnya, ia berharap pemerintah setempat memindahkan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) sepanjang bandara ini ke lokasi lain agar transportasi darat di bandara itu tidak menganggu aktivitas penerbangan.

Ia menerangkan saat ini bandara setempat melayani penerbangan menggunakan pesawat perintis dengan rute Mukomuko-Bengkulu dan Mukomuko-Sumatera Barat maupun sebaliknya.

"Pesawat perintis itu berkapasitas sebanyak 12 tempat duduk dengan harga tiket pesawat sebesar Rp283 ribu per orang," ujarnya.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017