Rejang Lebong (Antara) - Kelurahan Tempel Rejo, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu sebagai kelurahan yang memiliki pelayanan posyandu terlengkap di daerah ini.

Menurut Jumiani, Ketua Kader Posyandu Panca Lestari Kelurahan Tempel Rejo, Kecamatan Curup Selatan saat ditemui di kediamannya, Jumat, menunjukkan bahwa posyandu di wilayah itu menjadi yang terlengkap, di Rejang Lebong mulai dari Posyandu Balita dan Ibu, Posyandu Lansia dan Pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu PTM), tidak heran jika posyandu di Kelurahan Tempel Rejo satu-satunya wilayah yang memiliki gedung posyandu sendiri.

"Kegiatan posyandu di sini dilaksanakan setiap bulan baik Posyandu Balita maupun ibu, Posyandu Lansia maupun Posbindu PTM, dan kegiatan ini mencakup 5 RT, dengan jumlah kader yang diturunkan sebanyak 10 orang," katanya.

Kegiatan Posbindu PTM, para kader dilibatkan selain melakukan pemeriksaan kesehatan warga terutama berusia 15-60 tahun, juga dilakukan pemeriksaan guna mendeteksi penyakit tidak menular seperti diabetes, kolesterol, hypertwnsi, penyakit jantung dan asam urat.

Sedangkan untuk pemeriksaan ibu hamil dilakukan oleh petugas bidan dari puskesmas yang biasanya datang saat pelaksanaan Posyandu Balita dan Ibu.

Ditambahkan oleh Jumiani yang juga anggota TNI di Kodim 0409 Rejang Lebong, dari 1.249 KK atau lebih dari 5.000 jiwa warga di wilayah itu sudah memiliki kesadaran yang tinggi guna memanfaatkan pelayanan posyandu untuk memeriksakan tumbuh kembang anak maupun pemeriksaan kesehatan orang dewasa.

Kepala Puskesmas Talang Rimbo Lama, Rosdawati mengaku sangat terbantu dengan keberadaan para Kader Posyandu seperti di Kelurahan Tempel Rejo, sehingga bisa menjadi perpanjangan petugas kesehatan dalam memantau perkembangan kesehatan masyarakat.

"Keberadaan mereka sangat membantu termasuk melaporkan kejadian-kejadian kesehatan masyarakat secara cepat," ujarnya pula.***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017