Bengkulu (Antara) - Pemerintah Desa Lawang Agung, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu "menularkan" kesuksesan desa tersebut membudidayakan komoditas pepaya california.

"Kali ini Desa Taba Mutung, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah yang ingin ikut membudidayakan pepaya california, bibitnya dari kita," kata Kepala Desa Lawang Agung, Kirman Effendi di Bengkulu, Selasa.

Kirman yang sukses meraih penghargaan kepala desa pengelola terbaik dana desa dari Presiden Joko Widodo tersebut menyebutkan, semakin banyaknya minat budidaya pepaya california, maka akan membuka harapan Provinsi Bengkulu menjadi produsen utama komoditas tersebut.

Kirman mendapatkan penghargaan terbaik saat itu dengan mengucurkan dana desa untuk pengelolaan budidaya pepaya california, bahkan Desa Lawang Agung menjadi sentra buah pepaya serta untuk pembibitannya.

"Menjadi daerah produsen, hasilnya harus kontinuitas, itu tidak cukup jika difokuskan di Lawang Agung saja, oleh karena itu kita berbagi ilmu ke desa lainnya," kata dia.

Pepaya california Desa Lawang Agung menjadi salah satu dari 12 komoditas unggulan di Provinsi Bengkulu dan sekarang telah memiliki merek sendiri.

"Sudah tersertifikasi juga dan siap memasok untuk pasar modern. Tapi akhir 2016 lalu sempat banyak yang mati karena pohonnya membusuk akibat curah hujan yang tinggi," ujarnya.

Desa Lawang Agung kembali menganggarkan dana desa pada awal 2017 untuk budidaya komoditas tersebut, setiap kepala keluarga mendapatkan sejumlah bibit yang akan ditanam di pekarangan rumah.***3***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017