Bengkulu (Antara) - Bhinneka.com bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang danJasa Pemerintah (LKPP) menggelar sosialisasi yang bertema "Sosialisasi E-Katalog LKPP: Belanja Cepat Cara Tepat Melalui E-Katalog" di Bengkulu, Kamis.

Kasubdit Riset dan Kontrak LKPP Eko Rinaldo di Bengkulu, Kamis,  menyebutkan, e-katalog menjadi instrumen baru dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah yang terbuka dan efisien.  

Melalui e-katalog, pembelian barang dan jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Pengelola pengadaan hanya perlu melakukan login dan melakukan transaksi melalui laman https://e-katalog.lkpp.go.id/.

"Jadi, kita ini dengan e-katalog ini menciptakan pasar dan harus terbuka harganya. Jadi ini semacam 'crowd control'. Dengan demikian publik bisa mengawasi langsung," katanya.

Informasi harga serta spesifikasi barang dan jasa yang terdaftar di e-katalog LKPP bersifat terbuka. Seluruh masyarakat dapat melihat dan melakukan kontrol.

Pembeli, dalam hal ini kelompok kerja (pokja) pemerintah, dapat membandingkan harga barang yang sama dari beberapa penyedia.

Eko juga optimistis, dengan banyaknya pilihan dan fleksibilitas dalam membeli produk, maka pemerintah dapat memilih dan menentukan pembelian  produk sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi, informasi spesifikasi, harga dan merek telah dibuka dan dapat diakses oleh semua pihak.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Santika ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pemerintah daerah mengenai manfaat pengadaan barang melalui e-katalog LKPP.  Acara ini tersebut dihadiri sekitar 200 orang yang terdiri atas kepala SKPD, ketua ULP dan LPSE di Bengkulu.

Corporate Sales Bhinneka.com Indra Nugraha menjelaskan, Bhinneka.com sebagai pelopor penyedia barang/jasa secara online telah terverifikasi di LKPP dan perusahaan ini juga turut berperan aktif untuk melakukan sosialisasi pengadaan barang/jasa pemerintah melalui e-katalog.

Bhinneka.com berkomitmen ikut membantu proses reformasi cara berbelanja pemerintah termasuk pengadaan badan usaha menjadi lebih akuntabel.

Selain itu, setiap harga produk sudah termasuk pajak sehingga menjamin akuntabilitas serta menghemat pengeluaran rutin pemerintahan.

"Sebagai 'online store' yang telah berkecimpung di dunia distribusi serta penjualan barang dan jasa secara 'online' dan 'offline' selama 24 tahun, Bhinneka.com berkomitmen memberikan produk, harga, pelayanan dan servis terbaik melalui e-katalog LKPP di mana Bhinneka memiliki perwakilan resmi di 32 provinsi di seluruh Indonesia," kata Indra.

Peran "agregator online store Bhinneka.com" ke dalam sistem e-katalog LKPP juga dipercaya dapat mempercepat akselerasi katalogisasi produk yang akan dibeli oleh pemerintah. Hingga saat ini terdapat lebih dari 31.000 produk Bhinneka.com yang tayang di e-katalog LKPP.

Produk-produk tersebut, antara lain komputer (desktop & notebook), server, office equipment dan kamera.

"Ini menciptakan efektivitas kinerja dan efisiensi anggaran negara yang dibelanjakan. Pada akhirnya, Bhinneka.com menguatkan kemitraan dengan pemerintah dalam melaksanakan pengadaan nasional," ujarnya.***3***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017